Sesungguhnya Dia Bukan Isa

Assalamu'alaikum wr.wb
Di dalam Al-Quran dijelaskan bahwa, seseorang yang disalib oleh kaum Yahudi, bukanlah Isa. Namun orang lain yang mirip dengan Isa. Hal ini terkandung di dalam Al-Quran surah An-Nisa (4) ayat 157.
Yang Artinya:

dan karena ucapan mereka: "Sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah[378]", padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa.
{Q.S. An-Nisa (4) : 157}


[378]: Mereka menyebut Isa putera Maryam itu Rasul Allah ialah sebagai ejekan, karena mereka sendiri tidak mempercayai kerasulan Isa itu.


Ayat di atas juga menerangkan bahwa, Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa.
Ayat berikutnnya,


Tetapi (yang sebenarnya), Allah telah mengangkat Isa kepada-Nya[379]. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. {Q.S. An-Nisa (4) : 158}

[379]. Ayat ini adalah sebagai bantahan terhadap anggapan orang-orang Yahudi, bahwa mereka telah membunuh Nabi Isa a.s.

Dan haruslah, sebagai orang Muslim kita wajib yakin bahwa yang disalib oleh orang yahudi itu bukanlah Isa, melainkan seseorang yang mirip dengan Isa. Sesuai dengan yang dijelaskan di dalam Al-Quran. Karena Al-Quran merupakan pedoman, dan petunjuk hidup.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »