Mempercepat Kinerja Komputer









Banyak persoalan yang sering dihadapi mengenai kecepatan komputer. Sehingga harus menunggu untuk melakukan proses-proses tertentu. Dan biasanya banyakk orang yang bilang bahwa menunggu itu merupakan pekerjaan yang sangat membosankan. Untuk itu, berikut ini mungkin dapat membantu permasalahan anda mengenai hal tersebut.

1.Disk Clean Up
Digunakan untuk menghilangkan ruang-ruang kosong pada Hardish. Yang diakibatkan dari tidak perlunya lagi penempatan-penempatan file. Dan menghapusnya. Dan dilihat dari namanya, dapat dikatakan sebagai pembersih dari hardish.
( Klik kanan Directory – Properties – General – Disk Cleanup )

2.Disk Defragment
Fasilitas yang digunakan untuk mengatur file-file yang tersimpan di dalam hardish yang kocar-kacir. Hal ini dapat membantu penempatan file-file tersebut sehingga menjadi teratur. Apabila hardisk tidak pernah didefrag, maka dalam melakukan proses ini memerlukan waktu yang sangat lama.
( Klik kanan Directory – Properties – Tools –Defragment Now )

3.Check Now
Untuk mengetahui tingkat peforma dari kinerja computer, lakukanlah pengecekkan pada hardisk-hardish anda. Sehingga computer akan mengecek sendiri permasalahan-permasalahan yang terjadi pada computer. Hal ini sangat membantu anda dalam mengawasi computer anda. Yang mempunyai problem.
( Klik kanan Directory – Properties – Tools –Check Disk )

4.Prefetch
Belum banyak yang mengetahui apa itu fungsi dari Run. Karena dalam menjalankannya diperlukan key word kusus. Salah satunya adalah Prefetch. Ini dapat membantu dalam peningkatan kinerja computer anda. ( Caranya :
Klik Start – Run – Tulis Prefetch – OK – Hapus semua file-file yang ada di dalamnya kecuali file yang bernama Layout. )

5.Hapus Semua Isi dari Recycle Bin
Setelah kita menghapus file-file dari computer, file-file itu akan masuk ke dalam recycle bin.
Yang merupakan tempat sampah dari computer. Tanpa disadari banyak file-file yang menumpuk di dalamnya. Hal ini dapat memperlambat kinerja computer. Untuk itu hapus semua file-file yang terdapat pada recycle bin ini.

6.Hapus File-file yang sudah usang/ tidak digunakan lagi.
Penempatan file-file yang terlalu banyak akan mendesak kapasitas dari hardisk. Sehingga hardisk akan cepat penuh dan mempengaruhi kinerja computer. Hapus file-file yang sudah tidak digunakan lagi.

7.Gunakan Tema yang Biasa dan Instal Software yang Memang Diperlukan.
Penggunakan tema yang berat, dan tidak didukung oleh kemampuan RAM, akan membuat computer menjadi lemah dalam hal kecepatan. Untuk itu gunakan tema yang biasa saja atau terma default dari Windows. Begitu juga dengan penginstalan software-software yang tidak dikontrol.

8.Gunakan Software Cleaner
Sistem-sistem seperti Registry, banyak kurang diketahui oleh sebagian orang awam atau pada system lainnya juga kurang diketahui. Pada system ini biasanya terdapat file-file yang tidak perlu dan harus dipindahkan atau dibuang. Untuk itu, guan menjaga kesehatan dari system anda, diperlukan pembersihan terhadapnya. Salah satunya dengan menginstal Software Cleaner. Telah banyak software ini yang bias didapat dengan gratis. Salah satunya Ccleaner.

9.Setting computer anda seperti ini :
Tools – Folder Options – View – Jangan Centang Automatically search for network folder ……………

Share this

Related Posts

First